Filosofi Kerupuk

1
18.10
Kalau Mbak Dee punya filosofi kopi, maka saya juga ingin belajar berfilosofi, bukan tentang kopi, tapi ini tentang kerupuk. Iya, filosofi kerupuk.

Untuk yang lahir dan dibesarkan di tanah air yang sekarang dipimpin oleh Pak Jokowi ini, saya yakin, hampr 99% doyan dengan yang namanya kerupuk. Untuk 1% kaum yang tak suka, mungkin dia pernah mengalami pengamalan buruk, Seperti keselek saat lomba makan kerupuk atau mungkin ditampar mantan pakai kerupuk saat ketauan makan bareng selingkuhan di warteg langganan. Pedih, Jendral!

Untuk saya, kerupuk sudah seperti candu. Makan nasi, musti ada kerupuk. Makan mie ayam, musti ada kerupuk. Makan sayur, musti sedia kerupuk. lagi makan ketimun pun, harus ditemani kerupuk. Itu enak, serius, murah pula, walau bikin kenyang sih ngga.

Untuk kalian yang belum nyoba timun vs kerupuk, itu enak banget (apalagi kerupuknya dikecapin) kenikmatannya bisa melebihi mie ramen terlezat sekalipun. Lebay ya? Ya maap, gitu aja meuni marah. :)
Lanjut baca →

1 comments:

10 Ajaran Hidup Sunan Kalijaga

0
09.43

Siapa yang tak kenal dengan Sunan Kalijaga, salah satu Walisongo yang terkenal dengan kesederhanaanya ini patut kita pelajari perjalanan dan filosofi hidupnya. Berikut 10 Filosofi hidup yang diajarkan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga:

 1. Urip Iku Urup
(Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik)

2. Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto dur Hangkoro
(Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).

3. Suro Diro Joyo Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti
(segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dgn sikap bijak, lembut hati dan sabar)

4. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpa Bondho
(Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan; Kaya tanpa didasari kebendaan)
Lanjut baca →

0 comments:

Inilah 3 Cara Ampuh Dapatkan Tubuh Ideal

0
07.35

Beberapa bulan ke belakang ini, saya memang lagi keranjingan olahraga. Bagaimana bisa, saya yang dulu berpikiran kalau olahraga tak penting, kini telah menjadikan aktivitas ini menjadi kegiatan rutin yang wajib dilakukan tiap hari.

Bukan wajib sih. Kalau ada kata wajib, kesannya kan terpaksa ya? Lebih ke butuh barangkali. Dan karena saya suka, tentu saja.

Dulu saya pikir, buat apa olahraga, toh badan atletis tak akan dibawa mati. Buat apa badan kekar tapi otak nol besar? Malah ada pikiran yang lebih menjerumuskan seperti, “Iya, olahraga memang bikin sehat, tapi kan umur manusia siapa yang tahu? Mau yang sehat, mau yang sakit-sakitan, endingnya sama aja… mati.”

Lanjut baca →

0 comments:

4 Cara Melatih Pola Pikir Bag.2

0
12.38
Selamat pagi kengkawan. Lanjut dari post sebelumnya ya, masih tentang bagaimana agar kita memiliki mindset atau pola pikir yang oke!

Lanjut baca →

0 comments:

4 Cara Melatih Pola Pikir

0
12.03

Setelah menjalani hidup kurang lebih 26 tahun, akhirnya saya sadar, bahwa apapun yang kita lakukan, apapun yang kita inginkan, dan bahkan apapun yang kita hasilkan, semuanya bergantung pada pola pikir.

Kata guru ngaji saya juga, kalau inginkan hasil yang baik:

1. Pikirkan yang baik
2. Lakukan yang baik
3. Harapkan yang baik

Tuh kan, awalnya, pola pikir dulu yang harus diperbaiki.

Ngomong ngomong tentang pola pikir, kemarin saya membaca satu thread bagus di Kaskus. Akun yang bikin thread tersebut, namanya theunlearnid. Dengan bahasa yang enak dibaca, theunlearnid menjelaskan bagaimana cara melatih pola pikir agar kita bisa mendapatkan hidup yang lebih baik.

Begini kata beliau (ane copas langsung ya man-teman, supaya kita sama sama belajar):
Lanjut baca →

0 comments:

7 Mantra Milik Saya!

0
15.50
Avada Kedavra!

Mantra kematian di novel Harry Potter itu begitu ampuh dan menyeramkan. ketika mantra itu diluncurkan, korbannya pasti meregang nyawa. Ngeri ya..

Ternyata mantra tak hanya ada di dunia sihir, di dunia nyata pun ada.

Ga percaya?

Saya percaya. Di dunia ini, mantra atau kata kata ajaib sering disebut quotes. Quotes ini tak terlontar melalui tongkat sihir, tapi terucap begitu saja dari pemiliknya, dan bisa bertahan hingga ratusan tahun akibat maknanya yang dalam dan tak lekang oleh waktu.

Berikut 7 quotes yang selalu menemani dan saya jadikan mantra hingga saat ini:
Lanjut baca →

0 comments:

2 Nafkah Yang Harus Dipenuhi Kepala Keluarga

1
14.52

Dulu, di dekat kampus, ada toko buku bagus. Memang, buku yang diperjualbelikan sudah tak baru lagi, tapi bukunya asli, bukan hasil cetak tukang fotocopyan.

Saking seringnya main, saya sampai akrab dengan Kang Iman, penjaga toko buku tersebut. Selain merekomendasikan beberapa buku berkualitas, Kang Iman, yang kebetulan umurnya diatas saya, juga sering menasehati. Disela sela candaanya yang renyah, dia pernah bilang: "Den, Udah nikah belum?"

"Belum kang." Jawab saya. waktu itu saya memang belum nikah. boro-boro mikirin nikah, bab 4 skripsi aja ditolak mulu.

"Gini, Den." Kang Iman melanjutkan, "Pokoknya, kalau kamu sudah menjadi kepala rumah tangga, istri dan anakmu harus kamu nafkahi di dua tempat ini." Kata Kang iman sambil dia menunjuk kepala dan perutnya.
Lanjut baca →

1 comments:

Sebenarnya, Apa Yang Kita Cari?

0
14.20

Pasti saat ini teman-teman gabung dalam satu grup di Facebook, BBM, Whatsapp atau Line. Selain untuk temu kangen dengan teman lama, canda tawa kesana kemari, dari grup grup sosmed itu, sering pula ada yang nge-share kisah inspiratif. 

Ketika kegelisahan dimana-mana, artikel artikel siraman rohani seperti ini memang sangat diperlukan. salah satunya kutipan dari Ustadz Musyaffa Ad Dariny, MA ini.
Lanjut baca →

0 comments:

Sakit Jiwa?

0
17.42

Entahlah. Iya, Entahlah..

Akhir akhir ini, banyak orang yang (katanya) sakit jiwa atau orang gila berkeliaran di kota saya. Ada yang perempuan, ada yang laki-laki, berpakaian compang camping hilir mudik dipinggiran jalan. Perihal kelakuannya, kalian tahu sendiri lah, tanpa sebab yang jelas, mereka suka tertawa sendiri. Padahal di depannya cuma jalan raya, tak ada yang melawak seorang pun.

Tapi satu yang saya pelajari, mereka bisa berbahagia. Walau yaah, sering dikatain sakit jiwa

Berkaca pada diri sendiri. Saya yang katanya sehat jiwa dan raga, kadang susah untuk bisa bahagia tanpa sebab seperti itu. Padahal secara kasat mata, saya sehat. sehat jiwa dan raga, in shaa Allah.

Lanjut baca →

0 comments:

Tentang harta

0
09.31

Ide postingan kali ini saya dapat dari grup whatsapp. Tentang bagaimana menyikapi harta. Di share oleh teman kuliah saya, Si Abdan, orang Sukabumi yang kebetulan kemarin baru nikah. Dulu orangnya santai tiada tara, tapi setelah bertemu penghulu, jadi bijak bestari gini. Berikut kisahnya:

KUIS ISLAMI UNTUK HATI

Isi titik-titik di bawah ini (mohon dijawab dengan jujur di dalam hati kita masing-masing)

1. Allah menciptakan TERTAWA dan ...
2. Allah itu MEMATIKAN dan ...
3. Allah menciptakan LAKI-LAKI dan ...
4. Allah memberikan KEKAYAAN dan ......

Mayoritas kita akan menjawab:

1. MENANGIS
2. MENGHIDUPKAN
3. PEREMPUAN 
4. KEMISKINAN

Benar tidak ???
Lanjut baca →

0 comments:

Takut Tak Kebagian Rezeki

0
14.55

Seperti halnya manusia pada umumnya, kita sering mengalami lonjakan semangat. Itu bagus tentu saja. Tapi yang jadi masalah, dimana ada lonjakan, tentu saja ada penurunan. Dan itu manusiawi. FYI, saya juga masih manusia, kawan-kawan.

Nah, dikala mengalami meredupnya api semangat, disini lah gunanya teman. Di kantor, saya memiliki seorang pimpinan yang (tanpa bermaksud kurang ajar) sudah seperti teman saja. Bahkan sahabat.

Saking lamanya beliau memimpin saya, dia sampai tahu, kapan saya meletup letup dalam bekerja, kapan juga saya melempem... dan hampir padam.

Disinilah, biasanya tanpa saya sadari, beliau suka mengirim sebuah email yang berisi cerita motivasi. Mungkin beginilah cara beliau menegur saya. Tak bikin sakit hati, tapi mengena di kalbu. Tak ada marah, tapi jelas membuat saya malu.

Seperti inilah email yang dikirim oleh beliau....:
Lanjut baca →

0 comments: