5 Manfaat Puasa Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

0
14.42

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, berkat kasih sayangnya, kita kembali diundang untuk mengikuti 'pelatihan' di bulan Ramadan. Semoga kita mampu meresapi nikmatnya lapar, indahnya sabar, tadabur Qur'an serta merasakan tunduknya hati ketika melakukan shalat-shalat malam.

Selain itu, untuk sebulan ke depan, lantunan adzan maghrib akan terdengar lebih syahdu dan sangat kita rindukan. Kerinduan dan kegembiraan ini sungguh tak akan dirasakan oleh orang yang tidak berpuasa.

Kemarin, waktu main main di jejaring sosial Telegram, saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang puasa. Ternyata, walau sekilas tampak sederhana, puasa itu menyimpan rahasia yang begitu mendalam. 

Di balik rasa dahaga dan bergemuruhnya perut di siang hari, ada banyak manfaat yang bisa kita reguk. Baik untuk raga, ataupun untuk jiwa.

Berikut saya sampaikan apa saya baca di Grup Rumi Institute itu:

Bulan puasa memberikan kita kesempatan terbaik untuk memahami rahasia-rahasia manusia dan alam semesta. Di bulan puasa ini, kita disuruh untuk mencukupkan makan dan minum sekadarnya bagi tubuh kita. Sebab kita tak akan sampai kepada hakikat makrifat dalam kondisi kekenyangan.

Rasulullah saw bersabda, “tak ada wadah bagi manusia yang lebih buruk seperti perut”. Jika perut dalam kondisi kekenyangan akan mempengaruhi pemahaman kita. Dan itu sebabnya dengan perut kekenyangan tak kan mampu menembus rahasia-rahasia batin alam ini.

Kekenyangan hanya akan memberikan kemalasan dan membuat tubuh menjadi lemah. Sedangkan makan sekadarnya akan memberikan kesehatan, keselamatan, umur panjang, dan hati yang bercahaya.

Makan yang melampaui batas tentu akan menyibukkan organ tubuh. Tubuh kita akan disibukkan mengurai makanan tambahan, selain itu tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak dalam proses pembakaran. Jika demikian, manusia yang sering dalam kondisi kekenyangan akan mempercepat proses pengrusakan tubuhnya atau dalam kata lain mempercepat kematiannya.

Suatu hari seseorang bersendawa dihadapan Rasulullah saw, lalu Rasulullah saw berkata kepadanya, “makanlah secukupnya, sebab sungguh tak layak jika manusia makan dengan kekenyangan yang membuat dia bersendawa di hadapan orang-orang”. Kemudian Rasulullah saw melanjutkan, “orang yang paling lapar di hari kiamat adalah orang yang paling kenyang di dunia ini”.

Kata Sufi, meskipun puasa kadang membuat badan lemah, namun mendengarkan panggilan Ilahi “wahai orang-orang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa” memberikan kenikmatan yang luar biasa sehingga ibadah tak lagi nampak sebagai sesuatu yang rumit dan susah.

Berikut ini 5 manfaat puasa yang mungkin belum anda ketahui:

1. Dalam sebuah riwayat Rasulullah saw bersabda, “berpuasalah! Agar kau peroleh ketenangan dan kebahagiaan selain di bulan puasa”. Sebab kebahagiaan selain di bulan puasa adalah kebahagiaan fatamorgana yaitu bersifat sementara dan cepat berlalu.

2. Sewaktu manusia berpuasa lalu hatinya terikat dengan kenikmatan puasa, perlahan-lahan ia akan sampai kepada batin puasa, bahwa batin puasa adalah bertemu dengan Ilahi. Sebab itu Allah swt berfirman, “puasa untukKu dan Akulah yang akan menebusnya”. Dan tebusan langsung ini hanya dikhususkan untuk ibadah puasa. Ganjaran tertinggi puasa adalah bertemu dengan Ilahi. Ibn Atsir menjelaskan, tak ada satu pun orang musyrik yang berpuasa untuk berhalanya, meskipun mereka menyembahnya.

3. Namun manusia tak kan sampai kepada rahasia batin puasa jika hanya zahir manusia saja yang puasa. Batin manusia mesti puasa agar sampai kepada rahasia batin puasa yakni bertemu dengan Ilahi. Manusia semestinya tidak membiarkan imajinasinya diisi dengan hal-hal yang negatif.

4. Allah swt berkata kepada Musa as, “Wahai Musa, mengapa kau tak bermunajat kepadaKu? Musa as menjawab, “Duhai Tuhanku, saya sedang berpuasa dan jika sedang berpuasa, aroma mulut tidak mengenakkan, bagaimana mungkin saya bermunajat kepadaMu?” Wahai Musa, “aroma mulut orang yang berpuasa lebih aku senangi daripada aroma wangi kasturi?” Jawab Tuhan.
Sebab disana, wewangian hanya diraih dengan puasa. Salah satu batin puasa adalah parfum. Puasa adalah parfum di alam sana, alam ukhrawi.

5. Filosofi puasa erat kaitannya dengan ‘imsak’ yakni menahan. Puasa mengajarkan kita agar bisa menahan. Jika bulan-bulan sebelumnya kita terbiasa untuk tidak menahan, bulan puasa mengajarkan kita agar sebisa mungkin belajar untuk menahan yakni mengendalikan hawa nafsu.

Akhirul kalam, selamat berpuasa, teman teman. Semoga lulus! 

(Ditulis pada 2 Ramadan 1348 H / 28 Mei 2017. Ilmu ini di dapat dari grup telegram Rumi Institute. Terima kasih sharingnya, Min. Sungguh bermanfaat.)

About the author

Ditulis oleh Baladen Haneef. Maaf bila subjektif. Tak ada niat sedikitpun untuk menggurui.

0 comments: